RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :VII/2
Pertemuan
Ke- :
01
Alokasi
Waktu :
2 x 40 menit
Standar Kompetensi
4.Menggunakan konsep himpunan dan diagramVenn dalampemecahan
masalah
Kompetensi Dasar
4.1. Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya
Indikator
Ø Menyatakan masalah sehari- hari dalam bentuk himpunan danmendata
anggotanya.
Ø Menyebutkan anggota dan bukan anggota
himpunan
A.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat:
- Menyatakan masalah sehari- hari dalam bentuk
himpunan danmendata anggotanya
- Menyebutkan anggota dan bukan anggota
himpunan
B.
Materi Ajar
Himpunan
C.
Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran :
- Metode/pendekatan : Diskusi& tanya jawab
- Model Pembelajaran : Kooperatif
Tipe STAD
D.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Buku peserta didik MATEMATIKA UNTUK SMP/MTs
KELAS VII, Penerbit Erlangga, Penulis M. Cholik Adinawan dan Sugijono 2005
- LKS-1
E.
Langkah-langkah/Fase Pembelajaran :
1. Pendahuluan (± 10 menit)
Fase 1:Menyampaikan tujuan
dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajran yang akan dilakukan.
Ø Guru mengecek pemahaman peserta didik
tentang himpunan sebagai materi
prasyarat.
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi himpunan dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 50
menit)
Fase 2: Guru menyajikan
informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan kembali materi
himpunan yang dipelajari
Ø Guru meminta kepada beberapa orang peserta
didik untuk menyebutkan masing-masing 1 himpunan yang ada di lingkungan
sekitarnya. Peserta didik lainnya diminta untuk
menanggapi.
Fase 3: Mengorganisasikan
Peserta didik ke dalam Kelompok-kelompok belajar
Guru
mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok kooperatifnya.
Fase 4: Membimbing
kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru membagikan LKS-01 dan meminta peserta
didik menjawab pertanyaan/soal yang ada pada LKS secara berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi
yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
3. Penutup (± 20 menit)
Fase 5:
Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
F.
Penilaian :
Tes tertulis
(Soal terlampir)
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Biringbulu
Drs. ABDUL RASYID
NIP 19651231 199903 1 016
|
|
Lauwa, Januari 2012
Guru Mata Pelajaran
YUSUF
NIP
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :VII/2
Pertemuan
Ke- :
02
Alokasi
Waktu :
3 x 40 menit
Standar Kompetensi
4.Menggunakan konsep himpunan dan diagramVenn dalampemecahan
masalah
Kompetensi Dasar
4.1. Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya
Indikator
Ø Menyatakan
notasi himpunan
Ø Menjelaskan himpunan
kosong dan notasinya
G.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat:
- Menyatakan
notasi himpunan
- Menjelaskan
himpunan kosong dan notasinya
H.
Materi Ajar
Himpunan
I.
Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran :
- Metode/pendekatan : Diskusi& tanya jawab
- Model Pembelajaran : Kooperatif
Tipe STAD
J.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Buku peserta didik MATEMATIKA UNTUK SMP/MTs
KELAS VII, Penerbit Erlangga, Penulis M. Cholik Adinawan dan Sugijono 2005
- LKS-02
K.
Langkah-langkah/Fase Pembelajaran :
1. Pendahuluan (± 10 menit)
Fase 1:Menyampaikan tujuan
dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajran yang akan dilakukan.
Ø Dengan tanya jawab guru mengecek kembali pemahaman
peserta didiktentang materi himpunan yang dipalajari pada pertemuan sebelumnya.
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi himpunan dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 80
menit)
Fase 2: Guru menyajikan
informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan kembali materi
himpunan yang dipelajari
Ø Guru meminta kepada beberapa orang peserta
didik untuk menyebutkan masing-masing 1 himpunan yang ada di lingkungan
sekitarnya. Peserta didik lainnya diminta untuk
menanggapi.
Fase 3: Mengorganisasikan
Peserta didik ke dalam Kelompok-kelompok belajar
Guru
mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok kooperatifnya.
Fase 4: Membimbing
kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru membagikan LKS-02 dan meminta peserta
didik menjawab pertanyaan/soal yang ada pada LKS secara berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
3. Penutup (± 30 menit)
Fase 5:
Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
L.
Penilaian :
Tes tertulis
(Soal terlampir)
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Biringbulu
Drs. ABDUL RASYID
NIP 19651231 199903 1 016
|
|
Lauwa, Januari 2012
Guru Mata Pelajaran
YUSUF
NIP
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :VII/2
Pertemuan
Ke- :
03-04
Alokasi
Waktu :
5 x 40 menit (2 x pertemuan)
Standar Kompetensi
4.Menggunakan konsep himpunan dan diagramVenn dalampemecahan
masalah
Kompetensi Dasar
4.2 Memahami konsep himpunan bagian.
Indikator
Ø Menentukan himpunan
bagian dari suatu himpunan
Ø Menentukan
banyak himpunan bagian suatu himpunan
Ø Menjelaskan
pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya.
A.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat:
1.
Menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan
2.
Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan
3.
Menjelaskan pengertian himpunan semesta, serta dapat
menyebutkan anggotanya.
B.
Materi Ajar
Himpunan
C.
Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran :
- Metode/pendekatan : Diskusi& tanya jawab
- Model Pembelajaran : Kooperatif
Tipe STAD
D.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Buku peserta didik MATEMATIKA UNTUK SMP/MTs
KELAS VII, Penerbit Erlangga, Penulis M. Cholik Adinawan dan Sugijono 2005
- LKS-03 dan 04
E.
Langkah-langkah/Fase Pembelajaran :
PERTEMUAN PERTAMA
1. Pendahuluan (± 10 menit)
Fase 1:Menyampaikan tujuan
dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajran yang akan dilakukan.
Ø Guru mengingatkan kembali tentang materi himpunan
yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi himpunan dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 50
menit)
Fase 2: Guru menyajikan
informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan kembali materi
himpunan yang dipelajari
Ø Guru meminta kepada seorang peserta didik
untuk menyebutkan 1 himpunan kosong yang ada di lingkungan sekitarnya. Peserta
didik lainnya diminta untuk menanggapi.
Fase 3: Mengorganisasikan
Peserta didik ke dalam Kelompok-kelompok belajar
Guru
mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok kooperatifnya.
Fase 4: Membimbing
kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru membagikan LKS-03 dan meminta peserta
didik menjawab pertanyaan/soal yang ada
pada LKS secara berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
3. Penutup (± 20 menit)
Fase 5:
Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Ø Memberikan tugas rumah kepada peserta
didik
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
PERTEMUAN KEDUA
1. Pendahuluan (± 20 menit)
Fase 1:Menyampaikan tujuan
dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajran yang akan dilakukan.
Ø Guru mengingatkan kembali tentang materi
himpunan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Ø Mengumpul dan membahas sekilas tugas rumah
yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi himpunan dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 70
menit)
Fase 2: Guru menyajikan
informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan kembali materi
himpunan yang dipelajari
Ø Guru meminta kepada seorang peserta didik
untuk menyebutkan himpunan bagian dari suatu himpunan yang ada di lingkungan
sekitarnya. Peserta didik lainnya diminta untuk
menanggapi.
Fase 3: Mengorganisasikan
Peserta didik ke dalam Kelompok-kelompok belajar
Guru
mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok kooperatifnya.
Fase 4: Membimbing
kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru membagikan LKS-04 dan meminta peserta
didik menjawab pertanyaan/soal yang ada
pada LKS secara berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
3. Penutup (± 30 menit)
Fase 5:
Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
F.
Penilaian :
Tes tertulis
(Soal terlampir)
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Biringbulu
Drs. ABDUL RASYID
NIP 19651231 199903 1 016
|
|
Lauwa, Januari 2012
Guru Mata Pelajaran
YUSUF
NIP
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :VII/2
Pertemuan
Ke- :
05
Alokasi
Waktu :
2 x 40 menit
Standar Kompetensi
4.Menggunakan konsep himpunan dan diagramVenn dalampemecahan
masalah
Kompetensi Dasar
4.3. Melakukan
operasi irisan, gabungan, kurang (selisih), dan komplemen pada himpunan.
Indikator
Ø Menjelaskan
pengertian irisan, gabungan, dan kurang
(selisih) dari dua himpunan
Ø Menentukan
irisan, gabungan dan kurang
(selisih) dua himpunan
A.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan pengertian irisan, gabungan, dan kurang (selisih) dari dua himpunan
2.
Menentukan irisan,
gabungan dan kurang (selisih) dua
himpunan
B.
Materi Ajar
Himpunan
C.
Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran :
- Metode/pendekatan : Diskusi& tanya jawab
- Model Pembelajaran : Kooperatif
Tipe STAD
D.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Buku peserta didik MATEMATIKA UNTUK SMP/MTs
KELAS VII, Penerbit Erlangga, Penulis M. Cholik Adinawan dan Sugijono 2005
- LKS-05
E.
Langkah-langkah/Fase Pembelajaran :
1. Pendahuluan (± 10 menit)
Fase 1:Menyampaikan tujuan
dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajaran yang akan dilakukan.
Ø Guru mengingatkan kembali tentang materi
himpunan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi himpunan dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 50
menit)
Fase 2: Guru menyajikan
informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan materi
himpunan yang dipelajari
Fase 3: Mengorganisasikan
Peserta didik ke dalam Kelompok-kelompok belajar
Guru
mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok kooperatifnya.
Fase 4: Membimbing
kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru membagikan LKS-05 dan meminta peserta
didik menjawab pertanyaan/soal yang ada pada LKS secara berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
3. Penutup (± 20 menit)
Fase 5:
Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
F.
Penilaian :
Tes tertulis
(Soal terlampir)
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Biringbulu
Drs. ABDUL RASYID
NIP 19651231 199903 1 016
|
|
Lauwa, Januari 2012
Guru Mata Pelajaran
YUSUF
NIP
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :VII/2
Pertemuan
Ke- :
06-07
Alokasi
Waktu :
5 x 40 menit (2 x pertemuan)
Standar Kompetensi
4.Menggunakan konsep himpunan dan diagramVenn dalampemecahan
masalah
Kompetensi Dasar
4.4. Menyajikan himpunan dengan diagram Venn
Indikator
Ø Menyajikan
gabungan atau irisan dua himpunan dengan diagram Venn
Ø Menyajikan
kurang(selisih) suatu himpunan dari himpunan
lainnya dengan diagram Venn
A.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat:
- Menyajikan
gabungan atau irisan dua himpunan dengan diagram Venn
- Menyajikan
kurang(selisih) suatu himpunan
dari himpunan lainnya dengan diagram Venn
B.
Materi Ajar
Himpunan
C.
Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran :
- Metode/pendekatan : Diskusi& tanya jawab
- Model Pembelajaran : Kooperatif
Tipe STAD
D.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Buku peserta didik MATEMATIKA UNTUK SMP/MTs
KELAS VII, Penerbit Erlangga, Penulis M. Cholik Adinawan dan Sugijono 2005
- LKS-06-07
E.
Langkah-langkah/Fase Pembelajaran :
PERTEMUAN PERTAMA
1. Pendahuluan (± 10menit)
Fase 1:Menyampaikan tujuan
dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajaran yang akan dilakukan.
Ø Guru mengingatkan kembali tentang materi
himpunan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi himpunan dalam kehidupan
sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 50
menit)
Fase 2: Guru menyajikan
informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan materi
himpunan yang dipelajari
Fase 3: Mengorganisasikan
Peserta didik ke dalam Kelompok-kelompok belajar
Guru
mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok kooperatifnya.
Fase 4: Membimbing
kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru membagikan LKS-06 dan meminta peserta
didik menjawab pertanyaan/soal yang ada
pada LKS secara berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
3. Penutup (± 20 menit)
Fase 5:
Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Ø Memberikan tugas rumah kepada peserta
didik.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
PERTEMUAN KEDUA
1. Pendahuluan (± 20menit)
Fase 1:Menyampaikan tujuan
dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajaran yang akan dilakukan.
Ø Guru mengingatkan kembali tentang materi
himpunan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Ø Mengumpul tugas rumah yang dibagikan pada
pertemuan sebelumnya dan membahasnya sekilas.
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi himpunan dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 70
menit)
Fase 2: Guru menyajikan
informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan materi
himpunan yang dipelajari
Fase 3: Mengorganisasikan
Peserta didik ke dalam Kelompok-kelompok belajar
Guru
mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok kooperatifnya.
Fase 4: Membimbing
kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru membagikan LKS-07 dan meminta peserta
didik menjawab pertanyaan/soal yang ada
pada LKS secara berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
3. Penutup (± 30 menit)
Fase 5:
Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
F.
Penilaian :
Tes tertulis
(Soal terlampir)
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Biringbulu
Drs. ABDUL RASYID
NIP 19651231 199903 1 016
|
|
Lauwa, Januari 2012
Guru Mata Pelajaran
YUSUF
NIP
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :VII/2
Pertemuan
Ke- :
08-09
Alokasi
Waktu :
5 x 40 menit
Standar Kompetensi
4.Menggunakan konsep himpunan dan diagramVenn dalampemecahan
masalah
Kompetensi Dasar
4.3. Melakukan
operasi irisan, gabungan, kurang (selisih), dan komplemen pada himpunan.
4.4. Menyajikan himpunan dengan diagram Venn
Indikator
Ø Menjelaskan
pengertian komplemen dari suatu himpunan
Ø Menentukan
komplemen dari suatu himpunan
Ø Menyajikan
komplemen suatu himpunan
A.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat:
- Menjelaskan
pengertian komplemen dari suatu himpunan
- Menentukan
komplemen dari suatu himpunan
- Menyajikan
komplemen suatu himpunan
B.
Materi Ajar
Himpunan
C.
Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran :
- Metode/pendekatan : Diskusi& tanya jawab
- Model Pembelajaran : Kooperatif
Tipe STAD
D.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Buku peserta didik MATEMATIKA UNTUK SMP/MTs
KELAS VII, Penerbit Erlangga, Penulis M. Cholik Adinawan dan Sugijono 2005
- LKS-08-09
E.
Langkah-langkah/Fase Pembelajaran :
PERTEMUAN PERTAMA
1. Pendahuluan (± 10menit)
Fase 1:Menyampaikan tujuan
dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajaran yang akan dilakukan.
Ø Guru mengingatkan kembali tentang materi
himpunan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi himpunan dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 50
menit)
Fase 2: Guru menyajikan
informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan materi
himpunan yang dipelajari
Fase 3: Mengorganisasikan
Peserta didik ke dalam Kelompok-kelompok belajar
Guru
mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok kooperatifnya.
Fase 4: Membimbing
kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru membagikan LKS-08 dan meminta peserta
didik menjawab pertanyaan/soal yang ada
pada LKS secara berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
3. Penutup (± 20 menit)
Fase 5:
Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Ø Memberikan tugas rumah kepada peserta
didik.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
PERTEMUAN KEDUA
1. Pendahuluan (± 20menit)
Fase 1:Menyampaikan tujuan
dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajaran yang akan dilakukan.
Ø Guru mengingatkan kembali tentang materi
himpunan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Ø Mengumpul tugas rumah yang dibagikan pada
pertemuan sebelumnya dan membahasnya sekilas.
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi himpunan dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 70
menit)
Fase 2: Guru menyajikan
informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan materi
himpunan yang dipelajari
Fase 3: Mengorganisasikan
Peserta didik ke dalam Kelompok-kelompok belajar
Guru
mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok kooperatifnya.
Fase 4: Membimbing
kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru membagikan LKS-09 dan meminta peserta
didik menjawab pertanyaan/soal yang ada
pada LKS secara berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
3. Penutup (± 30 menit)
Fase 5:
Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan beriktnya.
F.
Penilaian :
Tes tertulis
(Soal terlampir)
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Biringbulu
Drs. ABDUL RASYID
NIP 19651231 199903 1 016
|
|
Lauwa, Januari 2012
Guru Mata Pelajaran
YUSUF
NIP
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :VII/2
Pertemuan
Ke- :
10
Alokasi
Waktu :
2 x 40 menit
Standar Kompetensi
4.Menggunakan konsep himpunan dan diagramVenn dalampemecahan
masalah
Kompetensi Dasar
4.5. Menggunakan
konsep himpunan dalam pemecahan masalah.
Indikator
Ø Menyelesaikan
masalah dengan menggunakan diagram Venn
dan konsep himpunan
Ø Menyelesaikan
soal uji daya serap tentang materi himpunan
A.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat:
1.
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan diagram Venn dan konsep himpunan
2.
Menjawab soal uji daya serap tentang himpunan
B.
Materi Ajar
Himpunan
C.
Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran :
- Metode/pendekatan : Diskusi& tanya jawab
- Model Pembelajaran : Kooperatif
Tipe STAD
D.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Buku peserta didik MATEMATIKA UNTUK SMP/MTs
KELAS VII, Penerbit Erlangga, Penulis M. Cholik Adinawan dan Sugijono 2005
- LKS-10
E.
Langkah-langkah/Fase Pembelajaran :
1. Pendahuluan (± 10menit)
Fase 1:Menyampaikan tujuan
dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajaran yang akan dilakukan.
Ø Guru mengingatkan kembali tentang materi
himpunan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi himpunan dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 35
menit)
Fase 2: Guru menyajikan
informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan materi
himpunan yang dipelajari
Fase 3: Mengorganisasikan
Peserta didik ke dalam Kelompok-kelompok belajar
Guru
mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok kooperatifnya.
Fase 4: Membimbing
kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru membagikan LKS-10 dan meminta peserta
didik menjawab pertanyaan/soal yang ada
pada LKS secara berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
3. Penutup (± 35 menit)
Fase 5:
Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Ø Guru meminta peserta didik untuk
mengerjakan soal uji daya serap tentang materi himpunan.
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum
berhasil.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
F.
Penilaian :
Tes tertulis
(Soal terlampir)
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Biringbulu
Drs. ABDUL RASYID
NIP 19651231 199903 1 016
|
|
Lauwa, Januari 2012
Guru Mata Pelajaran
YUSUF
NIP
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar