RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester : VII/2
Pertemuan
Ke- :
11-12
Alokasi
Waktu :
5 x 40 menit (2 x pertemuan)
Standar Kompetensi
5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan
sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar
5.1.
Menentukan
hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut.
Indikator
Ø Menjelaskan
pengertian dua garis (sejajar, berimpit berpotongan, bersilangan).
Ø Membagi ruas
garis menjadi n bagian yang sama
panjang dengan jangka.
Ø Menjelaskan
satuan sudut yang sering digunakan
A.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan pengertian dua garis (sejajar, berimpit
berpotongan, bersilangan).
2.
Membagi ruas garis menjadi n bagian yang sama panjang dengan jangka.
3.
Menjelaskan satuan sudut yang sering digunakan
B.
Materi Ajar
Garis dan Sudut
C.
Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran :
- Metode/pendekatan : Diskusi & tanya jawab
- Model Pembelajaran : Kooperatif
Tipe STAD
D.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Buku peserta didik MATEMATIKA UNTUK SMP/MTs
KELAS VII, Penerbit Erlangga, Penulis M. Cholik Adinawan dan Sugijono 2005
- Mistar/penggaris
- LKS-11 dan 12
E.
Langkah-langkah/Fase Pembelajaran :
PERTEMUAN PERTAMA
1. Pendahuluan (± 10menit)
Fase 1: Menyampaikan
tujuan dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajaran yang akan dilakukan.
Ø Guru
mengingatkan kembali tentang materi garis dan sudut yang telah dipelajari pada
pertemuan sebelumnya.
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi garis dan sudut dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 50 menit)
Fase 2: Guru menyajikan informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan materi garis
dan sudut yang dipelajari
Fase 3: Mengorganisasikan Peserta
didik ke dalam Kelompok-kelompok belajar
Guru
mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok kooperatifnya.
Fase 4: Membimbing kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru membagikan LKS-11 dan meminta peserta
didik menjawab pertanyaan/soal yang ada
pada LKS secara berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
3. Penutup (± 20 menit)
Fase
5: Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Ø Memberikan tugas rumah kepada peserta
didik.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
PERTEMUAN KEDUA
1. Pendahuluan (± 20menit)
Fase 1: Menyampaikan
tujuan dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajaran yang akan dilakukan.
Ø Guru
mengingatkan kembali tentang materi garis dan sudut yang telah dipelajari pada
pertemuan sebelumnya.
Ø Mengumpul tugas rumah yang dibagikan pada
pertemuan sebelumnya dan membahasnya sekilas.
Ø Guru
menjelaskan beberapa manfaat apabila peserta didik memahami dan manpu
mengaplikasikan materi garis dan sudut dalam kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 70 menit)
Fase 2: Guru menyajikan informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan materi garis
dan sudut yang dipelajari
Fase 3:
Mengorganisasikan Peserta didik ke dalam
Kelompok-kelompok belajar
Guru
mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok kooperatifnya.
Fase 4: Membimbing kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru membagikan LKS-12 dan meminta peserta
didik menjawab pertanyaan/soal yang ada
pada LKS secara berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
3. Penutup (± 30 menit)
Fase
5: Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang berhasil
dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
F.
Penilaian :
Tes tertulis (Soal terlampir)
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Biringbulu
Drs. ABDUL RASYID
NIP 19651231 199903 1 016
|
|
Lauwa, Januari 2012
Guru Mata Pelajaran
YUSUF
NIP
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester : VII/2
Pertemuan
Ke- :
13
Alokasi
Waktu :
2 x 40 menit
Standar Kompetensi
5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan
sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar
5.1.
Menentukan
hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut.
Indikator
Ø Mengukur besar
sudut dengan busur derajat
Ø Menjelaskan
perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul)
A.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat:
1.
Mengukur besar sudut dengan busur derajat
2.
Menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul)
B.
Materi Ajar
Garis dan Sudut
C.
Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran :
- Metode/pendekatan : Diskusi & tanya jawab
- Model Pembelajaran : Kooperatif
Tipe STAD
D.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Buku peserta didik MATEMATIKA UNTUK SMP/MTs
KELAS VII, Penerbit Erlangga, Penulis M. Cholik Adinawan dan Sugijono 2005
- Busur derajat
- Mistar/penggaris
- LKS-13
E.
Langkah-langkah/Fase Pembelajaran :
1. Pendahuluan (± 10menit)
Fase 1: Menyampaikan
tujuan dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajaran
yang akan dilakukan.
Ø Guru
mengingatkan kembali tentang materi garis dan sudut yang telah dipelajari pada
pertemuan sebelumnya.
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi garis dan sudut dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 50 menit)
Fase 2: Guru menyajikan informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan materi garis
dan sudut yang dipelajari
Fase 3: Mengorganisasikan Peserta
didik ke dalam Kelompok-kelompok belajar
Guru
mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok kooperatifnya.
Fase 4: Membimbing kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru membagikan LKS-13 dan meminta peserta
didik menjawab pertanyaan/soal yang ada
pada LKS secara berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
3. Penutup (± 20 menit)
Fase
5: Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
F.
Penilaian :
Tes tertulis (Soal terlampir)
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Biringbulu
Drs. ABDUL RASYID
NIP 19651231 199903 1 016
|
|
Lauwa, Januari 2012
Guru Mata Pelajaran
YUSUF
NIP
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester : VII/2
Pertemuan
Ke- :
14-15
Alokasi
Waktu :
5 x 40 menit (2 x pertemuan)
Standar Kompetensi
5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan
sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar
5.2. Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk
jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain.
Indikator
Ø Menjelaskan
jenis-jenis sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan dipotong oleh garis
ketiga (garis lain).
Ø Menemukan sifat
sudut jika dua garis sejajar dipotong garis ketiga ( garis lain)
Ø Menggunakan
sifat-sifat sudut dan garis untuk menyelesaikan soal
A.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan jenis-jenis sudut yang terbentuk jika dua
garis berpotongan dipotong oleh garis ketiga (garis lain).
2.
Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong
garis ketiga ( garis lain)
3.
Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk
menyelesaikan soal
B.
Materi Ajar
Garis dan Sudut
C.
Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran :
- Metode/pendekatan : Diskusi & tanya jawab
- Model Pembelajaran : Kooperatif
Tipe STAD
D.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Buku peserta didik MATEMATIKA UNTUK SMP/MTs
KELAS VII, Penerbit Erlangga, Penulis M. Cholik Adinawan dan Sugijono 2005
- Mistar/penggaris
- LKS-14 dan LKS 15
E.
Langkah-langkah/Fase Pembelajaran :
PERTEMUAN PERTAMA
1. Pendahuluan (± 10menit)
Fase 1: Menyampaikan
tujuan dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajaran
yang akan dilakukan.
Ø Guru
mengingatkan kembali tentang materi garis dan sudut yang telah dipelajari pada
pertemuan sebelumnya.
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi garis dan sudut dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 90 menit)
Fase 2: Guru menyajikan informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan materi
garis dan sudut yang dipelajari
Fase 3: Mengorganisasikan Peserta
didik ke dalam Kelompok-kelompok belajar
Guru
mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok kooperatifnya.
Fase 4: Membimbing kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru membagikan LKS-14 dan meminta peserta
didik menjawab pertanyaan/soal yang ada
pada LKS secara berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
3. Penutup (± 20 menit)
Fase
5: Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
PERTEMUAN KEDUA
1. Pendahuluan (± 10menit)
Fase 1: Menyampaikan
tujuan dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajaran yang akan dilakukan.
Ø Guru
mengingatkan kembali tentang materi garis dan sudut yang telah dipelajari pada
pertemuan sebelumnya.
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi garis dan sudut dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 50 menit)
Fase 2: Guru menyajikan informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan materi
garis dan sudut yang dipelajari
Fase 3: Mengorganisasikan Peserta
didik ke dalam Kelompok-kelompok belajar
Guru
mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok kooperatifnya.
Fase 4: Membimbing kelompok
Bekerja dan Belajar
Ø Guru membagikan LKS-15 dan meminta peserta
didik menjawab pertanyaan/soal yang ada
pada LKS secara berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
3. Penutup (± 20 menit)
Fase
5: Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
F.
Penilaian :
Tes tertulis (Soal terlampir)
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Biringbulu
Drs. ABDUL RASYID
NIP 19651231 199903 1 016
|
|
Lauwa, Januari 2012
Guru Mata Pelajaran
YUSUF
NIP
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester : VII/2
Pertemuan
Ke- :
16-17
Alokasi
Waktu :
5 x 40 menit (2 x pertemuan)
Standar Kompetensi
5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan
sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar
5.3. Melukis sudut.
5.4. Membagi sudut.
Indikator
Ø Melukis sudut
yang besarnya sama dengan sudut yang diketahui dengan menggunakan busur dan
jangka
Ø Melukis sudut 600
dan 900.
Ø Melukis sudut 300, 450, 1200, dan 1500.
Ø Membagi sudut menjadi 2 sama besar
A.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat:
1.
Melukis sudut yang besarnya sama dengan sudut yang
diketahui dengan menggunakan busur dan jangka
2.
Melukis sudut 600 dan 900.
3. Melukis sudut 300, 450, 1200, dan 1500.
4.
Membagi
sudut menjadi 2 sama besar
B.
Materi Ajar
Garis dan Sudut
C.
Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran :
- Metode/pendekatan : Diskusi & tanya jawab
- Model Pembelajaran : Kooperatif
Tipe STAD
D.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Buku peserta didik MATEMATIKA UNTUK SMP/MTs
KELAS VII, Penerbit Erlangga, Penulis M. Cholik Adinawan dan Sugijono 2005
- Busur derajat
dan jangka
- Mistar/penggaris
- LKS-16 dan LKS 17
E.
Langkah-langkah/Fase Pembelajaran :
PERTEMUAN PERTAMA
1. Pendahuluan (± 10menit)
Fase 1: Menyampaikan
tujuan dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajaran yang akan dilakukan.
Ø Guru
mengingatkan kembali tentang materi garis dan sudut yang telah dipelajari pada
pertemuan sebelumnya.
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi garis dan sudut dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 90 menit)
Fase 2: Guru menyajikan informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan materi
garis dan sudut yang dipelajari
Fase 3: Mengorganisasikan Peserta
didik ke dalam Kelompok-kelompok belajar
Guru
mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok kooperatifnya.
Fase 4: Membimbing kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru membagikan LKS-16 dan meminta peserta
didik menjawab pertanyaan/soal yang ada
pada LKS secara berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
3. Penutup (± 20 menit)
Fase
5: Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
PERTEMUAN KEDUA
1. Pendahuluan (± 10menit)
Fase 1: Menyampaikan
tujuan dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajaran yang akan dilakukan.
Ø Guru
mengingatkan kembali tentang materi garis dan sudut yang telah dipelajari pada
pertemuan sebelumnya.
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi garis dan sudut dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 50 menit)
Fase 2:
Guru menyajikan informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan materi
garis dan sudut yang dipelajari
Fase 3:
Mengorganisasikan Peserta didik ke dalam
Kelompok-kelompok belajar
Guru
mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok kooperatifnya.
Fase 4: Membimbing kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru membagikan LKS-17 dan meminta peserta
didik menjawab pertanyaan/soal yang ada
pada LKS secara berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
3. Penutup (± 20 menit)
Fase
5: Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
F.
Penilaian :
Tes tertulis (Soal terlampir)
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Biringbulu
Drs. ABDUL RASYID
NIP 19651231 199903 1 016
|
|
Lauwa, Januari 2012
Guru Mata Pelajaran
YUSUF
NIP
|
Terima kasih banyak pak... Sangat lengkap dan sangat membantu...
BalasHapusTuhan memberkati
Sukses selalu