RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :VII/2
Pertemuan
Ke- :
18
Alokasi
Waktu :
3 x 40 menit
Standar Kompetensi
6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar
6.1. Mengidentifikasi
sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya
Indikator
Ø Menjelaskan jenis-jenis segitiga
berdasarkan sisi-sisinya
Ø Menjelaskan jenis-jenis segitiga
berdasarkan besar sudutnya.
A.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan jenis-jenis segitiga
berdasarkan sisi-sisinya
2. Menjelaskan jenis-jenis segitiga
berdasarkan besar sudutnya.
B.
Materi Ajar
Bangun Datar
C.
Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran :
- Metode/pendekatan : Diskusi& tanya jawab
- Model Pembelajaran : Kooperatif
Tipe TPS (Think Pair and Share)
D.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Buku peserta didik MATEMATIKA UNTUK SMP/MTs
KELAS VII, Penerbit Erlangga, Penulis M. Cholik Adinawan dan Sugijono 2005
- LKS-18
E.
Langkah-langkah/Fase Pembelajaran :
1. Pendahuluan (± 10menit)
Fase 1:Menyampaikan tujuan
dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajaran yang akan dilakukan.
Ø Dengan tanya jawab guru menguji kemampuan
peserta didik tentang materi yang akan
dipelajari.
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi segitiga dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 80
menit)
Fase 2: Guru menyajikan
informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan dan
membangun pengetahuan peserta didik tentang materi yang dipelajari
Ø Meminta peserta didik berpikir tentang
materi/informasi yang disampaikan oleh guru.
Fase 3: Mengorganisasikan
Peserta didik ke dalam Kelompok-kelompok belajar
Ø Guru mengorganisasikan peserta didik untuk
membentuk kelompok masing masing 2 orang (berpasangan dengan teman sebelahnya)
dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing untuk disatukan.
Fase 4: Membimbing
kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru memimpin pleno kecil/diskusi, tiap
kelompok/pasangan mengutarakan hasil diskusinya
Ø Guru membagikan LKS-18 dan meminta peserta
didik menjawab pertanyaan/soal yang ada
pada LKS secara berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
Ø Guru menambahkan materi yang belum
diungkapkan para peserta didik.
3. Penutup (± 30 menit)
Fase 5:
Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
F.
Penilaian :
Tes tertulis
(Soal terlampir)
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Biringbulu
Drs. ABDUL RASYID
NIP 19651231 199903 1 016
|
|
Lauwa, Januari 2012
Guru Mata Pelajaran
YUSUF
NIP
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :VII/2
Pertemuan
Ke- :
19
Alokasi
Waktu :
2 x 40 menit
Standar Kompetensi
6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar
6.2. Mengindentifikasi
sifat-sifat persegipanjang, persegi, trapesium, jajargenjang dan belah ketupat.
Indikator
Ø Menjelaskan
pengertian jajargenjang, persegi, persegipanjang, belah ketupat, trapesium dan
layang-layang menurut sifatnya
A.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat memahami pengertian jajargenjang, persegi, persegipanjang,
belah ketupat, trapesium dan layang-layang menurut sifatnya
B.
Materi Ajar
Bangun Datar
C.
Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran :
- Metode/pendekatan : Diskusi& tanya jawab
- Model Pembelajaran : Kooperatif
Tipe TPS (Think Pair and Share)
D.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Buku peserta didik MATEMATIKA UNTUK SMP/MTs
KELAS VII, Penerbit Erlangga, Penulis M. Cholik Adinawan dan Sugijono 2005
- LKS-19
E.
Langkah-langkah/Fase Pembelajaran :
1. Pendahuluan (± 10menit)
Fase 1:Menyampaikan tujuan
dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajaran yang akan dilakukan.
Ø Dengan tanya jawab guru menguji kemampuan
peserta didik tentang materi yang akan
dipelajari.
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi segitiga dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 50 menit)
Fase 2: Guru menyajikan
informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan dan
membangun pengetahuan peserta didik tentang materi yang dipelajari
Ø Meminta peserta didik berpikir tentang
materi/informasi yang disampaikan oleh guru.
Fase 3: Mengorganisasikan
Peserta didik ke dalam Kelompok-kelompok belajar
Ø Guru mengorganisasikan peserta didik untuk
membentuk kelompok masing masing 2 orang (berpasangan dengan teman sebelahnya)
dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing untuk disatukan.
Fase 4: Membimbing
kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru memimpin pleno kecil/diskusi, tiap
kelompok/pasangan mengutarakan hasil diskusinya
Ø Guru membagikan LKS-19 dan meminta peserta
didik menjawab pertanyaan/soal yang ada
pada LKS secara berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
Ø Guru menambahkan materi yang belum
diungkapkan para peserta didik.
3. Penutup (± 20 menit)
Fase 5:
Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Ø Guru memberikan tugas rumah
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
F.
Penilaian :
Tes tertulis
(Soal terlampir)
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Biringbulu
Drs. ABDUL RASYID
NIP 19651231 199903 1 016
|
|
Lauwa, Januari 2012
Guru Mata Pelajaran
YUSUF
NIP
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :VII/2
Pertemuan
Ke- :
20
Alokasi
Waktu :
3 x 40 menit
Standar Kompetensi
6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar
6.2. Mengindentifikasi
sifat-sifat persegipanjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat
Indikator
Ø Menjelaskan
sifat sifat segiempat ditinjau dari sisi, sudut, dan diagonalnya.
A.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat memahami sifat sifat segiempat ditinjau dari sisi, sudut,
dan diagonalnya.
B.
Materi Ajar
Bangun Datar
C.
Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran :
- Metode/pendekatan : Diskusi& tanya jawab
- Model Pembelajaran : Kooperatif
Tipe TPS (Think Pair and Share)
D.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Buku peserta didik MATEMATIKA UNTUK SMP/MTs
KELAS VII, Penerbit Erlangga, Penulis M. Cholik Adinawan dan Sugijono 2005
- LKS-20
E.
Langkah-langkah/Fase Pembelajaran :
1. Pendahuluan (± 20menit)
Fase 1:Menyampaikan tujuan
dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajaran yang akan dilakukan.
Ø Guru mengingatkan kembali tentang materi segitiga
yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Ø Guru menumpulkan tugas rumah dan membahas
sekilas.
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi segitiga dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 70
menit)
Fase 2: Guru menyajikan
informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan materi segitiga
yang dipelajari
Ø Meminta peserta didik berpikir tentang
materi/informasi yang disampaikan oleh guru.
Fase 3: Mengorganisasikan
Peserta didik ke dalam Kelompok-kelompok belajar
Ø Guru mengorganisasikan peserta didik untuk
membentuk kelompok masing masing 2 orang (berpasangan dengan teman sebelahnya)
dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing untuk disatukan.
Fase 4: Membimbing
kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru memimpin pleno kecil/diskusi, tiap
kelompok/pasangan mengutarakan hasil diskusinya
Ø Guru membagikan LKS-20 dan meminta peserta
didik menjawab pertanyaan/soal yang ada
pada LKS secara berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
Ø Guru menambahkan materi yang belum
diungkapkan para peserta didik.
3. Penutup (± 30 menit)
Fase 5:
Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
F.
Penilaian :
Tes tertulis
(Soal terlampir)
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Biringbulu
Drs. ABDUL RASYID
NIP 19651231 199903 1 016
|
|
Lauwa, Januari 2012
Guru Mata Pelajaran
YUSUF
NIP
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :VII/2
Pertemuan
Ke- :
21
Alokasi
Waktu :
5x 40 menit (2 x Pertemuan)
Standar Kompetensi
6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar
6.3. Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta menggunakannya dalam peme-cahan masalah.
Indikator
Ø Menurunkan rumus
keliling bangun segitiga dan segiempat.
A.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat memahamidan
mengaplikasikan turunan rumus keliling bangun segitiga dan segiempat.
B.
Materi Ajar
Bangun Datar
C.
Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran :
- Metode/pendekatan : Diskusi& tanya jawab
- Model Pembelajaran : Kooperatif
Tipe TPS (Think Pair and Share)
D.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Buku peserta didik MATEMATIKA UNTUK SMP/MTs
KELAS VII, Penerbit Erlangga, Penulis M. Cholik Adinawan dan Sugijono 2005
- LKS-21
E.
Langkah-langkah/Fase Pembelajaran :
Pertemuan pertama
1. Pendahuluan (± 10menit)
Fase 1:Menyampaikan tujuan
dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajaran yang akan dilakukan.
Ø Guru mengingatkan kembali tentang materi
segitiga yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi segitiga dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 50
menit)
Fase 2: Guru menyajikan
informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan materi
yang akan dipelajari
Ø Meminta peserta didik berpikir tentang
materi/informasi yang disampaikan oleh guru.
Fase 3: Mengorganisasikan
Peserta didik ke dalam Kelompok-kelompok belajar
Ø Guru mengorganisasikan peserta didik untuk
membentuk kelompok masing masing 2 orang (berpasangan dengan teman sebelahnya)
dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing untuk disatukan.
Fase 4: Membimbing
kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru memimpin pleno kecil/diskusi, tiap
kelompok/pasangan mengutarakan hasil diskusinya
Ø Guru membagikan LKS-21 dan meminta peserta
didik menjawab pertanyaan/soal yang ada
pada LKS secara berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
Ø Guru menambahkan materi yang belum
diungkapkan para peserta didik.
3. Penutup (± 20 menit)
Fase 5:
Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Ø Guru memberikan tugas rumah.
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
F.
Penilaian :
Tes tertulis
(Soal terlampir)
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Biringbulu
Drs. ABDUL RASYID
NIP 19651231 199903 1 016
|
|
Lauwa, Januari 2012
Guru Mata Pelajaran
YUSUF
NIP
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :VII/2
Pertemuan
Ke- :
22
Alokasi
Waktu :
3 x 40 menit (1 x Pertemuan)
Standar Kompetensi
6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar
6.3. Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Indikator
Ø Menurunkan rumus
luas bangun segitiga dan segiempat
A.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat memahamidan
mengaplikasikan turunan rumus luas bangun segitiga dan segiempat.
B.
Materi Ajar
Bangun Datar
C.
Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran :
- Metode/pendekatan : Diskusi& tanya jawab
- Model Pembelajaran : Kooperatif
Tipe TPS (Think Pair and Share)
D.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Buku peserta didik MATEMATIKA UNTUK SMP/MTs
KELAS VII, Penerbit Erlangga, Penulis M. Cholik Adinawan dan Sugijono 2005
- Beberapa benda berbentuk segitiga
- LKS- 22
E.
Langkah-langkah/Fase Pembelajaran :
1. Pendahuluan (± 20menit)
Fase 1:Menyampaikan tujuan
dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajaran yang akan dilakukan.
Ø Guru mengingatkan kembali tentang materi yang
telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Ø Guru
meminta peserta didik untuk mengumpulkan tugas rumah yang dibagikan pada
pertemuan sebelumnya kemudian membahasnya sekilas
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi segitiga dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 70 menit)
Fase 2: Guru menyajikan
informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru menginformasikanmateri
turunan rumus luas segitiga yang dipelajari
Ø Meminta peserta didik berpikir tentang
materi/informasi yang disampaikan oleh guru.
Fase 3: Mengorganisasikan Peserta didik ke dalam
Kelompok-kelompok belajar
Ø Guru mengorganisasikan peserta didik untuk
membentuk kelompok masing masing 2 orang (berpasangan dengan teman sebelahnya)
dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing untuk disatukan.
Fase 4: Membimbing
kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru memimpin pleno kecil/diskusi, tiap
kelompok/pasangan mengutarakan hasil diskusinya
Ø Guru membagikan LKS-22 dan meminta peserta didik menjawab
pertanyaan/soal yang ada pada LKS secara
berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
Ø Guru menambahkan materi yang belum diungkapkan
para peserta didik.
3. Penutup (± 30 menit)
Fase 5:
Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
F.
Penilaian :
Tes tertulis
(Soal terlampir)
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Biringbulu
Drs. ABDUL RASYID
NIP 19651231 199903 1 016
|
|
Lauwa, Januari 2012
Guru Mata Pelajaran
YUSUF
NIP
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :VII/2
Pertemuan
Ke- :
23
Alokasi
Waktu :
2 x 40 menit
Standar Kompetensi
6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar
6.3. Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Indikator
Ø Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan menghitung
keliling dan luas bangun segitiga dan
segiempat.
A.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas bangun segitiga
dan segiempat.
B.
Materi Ajar
Bangun Datar
C.
Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran :
- Metode/pendekatan : Diskusi& tanya jawab
- Model Pembelajaran : Kooperatif
Tipe TPS (Think Pair and Share)
D.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Buku peserta didik MATEMATIKA UNTUK SMP/MTs
KELAS VII, Penerbit Erlangga, Penulis M. Cholik Adinawan dan Sugijono 2005
- LKS-23
E.
Langkah-langkah/Fase Pembelajaran :
1. Pendahuluan (± 10menit)
Fase 1:Menyampaikan tujuan
dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajaran yang akan dilakukan.
Ø Guru mengingatkan kembali tentang materi
segitiga yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi segitiga dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 50 menit)
Fase 2: Guru menyajikan
informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan materi
segitiga yang dipelajari
Ø Meminta peserta didik berpikir tentang
materi/informasi yang disampaikan oleh guru.
Fase 3: Mengorganisasikan
Peserta didik ke dalam Kelompok-kelompok belajar
Ø Guru mengorganisasikan peserta didik untuk
membentuk kelompok masing masing 2 orang (berpasangan dengan teman sebelahnya)
dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing untuk disatukan.
Fase 4: Membimbing
kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru memimpin pleno kecil/diskusi, tiap
kelompok/pasangan mengutarakan hasil diskusinya
Ø Guru membagikan LKS-23 dan meminta peserta didik menjawab
pertanyaan/soal yang ada pada LKS secara
berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
Ø Guru menambahkan materi yang belum
diungkapkan para peserta didik.
3. Penutup (± 20 menit)
Fase 5:
Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Ø Guru memberikan tugas rumah
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
F.
Penilaian :
Tes tertulis
(Soal terlampir)
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Biringbulu
Drs. ABDUL RASYID
NIP 19651231 199903 1 016
|
|
Lauwa, Januari 2012
Guru Mata Pelajaran
YUSUF
NIP
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :VII/2
Pertemuan
Ke- :
24
Alokasi
Waktu :
3 x 40 menit
Standar Kompetensi
6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar
6.4. Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu.
Indikator
Ø Melukis segitiga
yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua
sudut.
A.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat Melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi
satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut.
B.
Materi Ajar
Bangun Datar
C.
Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran :
- Metode/pendekatan : Diskusi& tanya jawab
- Model Pembelajaran : Kooperatif
Tipe TPS (Think Pair and Share)
D.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Buku peserta didik MATEMATIKA UNTUK SMP/MTs
KELAS VII, Penerbit Erlangga, Penulis M. Cholik Adinawan dan Sugijono 2005
- LKS-24
E.
Langkah-langkah/Fase Pembelajaran :
1. Pendahuluan (± 20menit)
Fase 1:Menyampaikan tujuan
dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajaran yang akan dilakukan.
Ø Guru mengingatkan kembali tentang materi
segitiga yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Ø Guru mengumpulkan tugas rumah yang
diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahas sekilas.
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi segitiga dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 70
menit)
Fase 2: Guru menyajikan
informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan materi
segitiga yang dipelajari
Ø Meminta peserta didik berpikir tentang
materi/informasi yang disampaikan oleh guru.
Fase 3: Mengorganisasikan
Peserta didik ke dalam Kelompok-kelompok belajar
Ø Guru mengorganisasikan peserta didik untuk
membentuk kelompok masing masing 2 orang (berpasangan dengan teman sebelahnya)
dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing untuk disatukan.
Fase 4: Membimbing
kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru memimpin pleno kecil/diskusi, tiap
kelompok/pasangan mengutarakan hasil diskusinya
Ø Guru membagikan LKS-24 dan meminta peserta didik menjawab
pertanyaan/soal yang ada pada LKS secara
berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
Ø Guru menambahkan materi yang belum
diungkapkan para peserta didik.
3. Penutup (± 30 menit)
Fase 5:
Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
F.
Penilaian :
Tes tertulis
(Soal terlampir)
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Biringbulu
Drs. ABDUL RASYID
NIP 19651231 199903 1 016
|
|
Lauwa, Januari 2012
Guru Mata Pelajaran
YUSUF
NIP
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :VII/2
Pertemuan
Ke- :
25
Alokasi
Waktu :
2 x 40 menit
Standar Kompetensi
6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar
6.4. Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu.
Indikator
Ø Melukis segitiga
samasisi dan segitiga samakaki
G.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki
H.
Materi Ajar
Bangun Datar
I.
Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran :
- Metode/pendekatan : Diskusi& tanya jawab
- Model Pembelajaran : Kooperatif
Tipe TPS (Think Pair and Share)
J.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Buku peserta didik MATEMATIKA UNTUK SMP/MTs
KELAS VII, Penerbit Erlangga, Penulis M. Cholik Adinawan dan Sugijono 2005
- LKS-25
K.
Langkah-langkah/Fase Pembelajaran :
1. Pendahuluan (± 10menit)
Fase 1:Menyampaikan tujuan
dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajaran yang akan dilakukan.
Ø Guru mengingatkan kembali tentang materi
segitiga yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi segitiga dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 50
menit)
Fase 2: Guru menyajikan
informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan materi
segitiga yang dipelajari
Ø Meminta peserta didik berpikir tentang
materi/informasi yang disampaikan oleh guru.
Fase 3: Mengorganisasikan
Peserta didik ke dalam Kelompok-kelompok belajar
Ø Guru mengorganisasikan peserta didik untuk
membentuk kelompok masing masing 2 orang (berpasangan dengan teman sebelahnya)
dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing untuk disatukan.
Fase 4: Membimbing
kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru memimpin pleno kecil/diskusi, tiap
kelompok/pasangan mengutarakan hasil diskusinya
Ø Guru membagikan LKS-25 dan meminta peserta didik menjawab
pertanyaan/soal yang ada pada LKS secara
berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
Ø Guru menambahkan materi yang belum
diungkapkan para peserta didik.
3. Penutup (± 20 menit)
Fase 5:
Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Ø Guru memberikan tugas rumah.
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
L.
Penilaian :
Tes tertulis
(Soal terlampir)
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Biringbulu
Drs. ABDUL RASYID
NIP 19651231 199903 1 016
|
|
Lauwa, Januari 2012
Guru Mata Pelajaran
YUSUF
NIP
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :VII/2
Pertemuan
Ke- :
26
Alokasi
Waktu :
3 x 40 menit
Standar Kompetensi
6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar
6.4. Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu.
Indikator
Ø Melukis garis
tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu.
M.Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki
N.
Materi Ajar
Bangun Datar
O.
Metode/Pendekatan/Model Pembelajaran :
- Metode/pendekatan : Diskusi& tanya jawab
- Model Pembelajaran : Kooperatif
Tipe TPS (Think Pair and Share)
P.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Buku peserta didik MATEMATIKA UNTUK SMP/MTs
KELAS VII, Penerbit Erlangga, Penulis M. Cholik Adinawan dan Sugijono 2005
- LKS-26
Q.
Langkah-langkah/Fase Pembelajaran :
1. Pendahuluan (± 20menit)
Fase 1:Menyampaikan tujuan
dan Memotivasi Peserta didik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menginformasikan model
pembelajaran yang akan dilakukan.
Ø Guru mengingatkan kembali tentang materi segitiga
yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Ø Guru mengumpulkan tugas rumah yang
diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahas sekilas.
Ø Guru menjelaskan beberapa manfaat apabila
peserta didik memahami dan manpu mengaplikasikan materi segitiga dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti (± 70
menit)
Fase 2: Guru menyajikan
informasi
Ø Dengan tanya jawab, guru mengingatkan materi
segitiga yang dipelajari
Ø Meminta peserta didik berpikir tentang
materi/informasi yang disampaikan oleh guru.
Fase 3: Mengorganisasikan
Peserta didik ke dalam Kelompok-kelompok belajar
Ø Guru mengorganisasikan peserta didik untuk
membentuk kelompok masing masing 2 orang (berpasangan dengan teman sebelahnya)
dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing untuk disatukan.
Fase 4: Membimbing
kelompok Bekerja dan Belajar
Ø Guru memimpin pleno kecil/diskusi, tiap
kelompok/pasangan mengutarakan hasil diskusinya
Ø Guru membagikan LKS-26 dan meminta peserta didik menjawab
pertanyaan/soal yang ada pada LKS secara
berkelompok.
Ø Guru menfasilitasi setiap kelompok, dan
memberikan bantuan kepada
kelompok yang membutuhkannya.
Ø Guru meminta setiap kelompok untuk saling
membantu sampai semua
anggota kelompok memahami materi yang dibahas.
Ø Guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk
membuat kesimpulan
Ø Secara acak, guru meminta pada salah satu
kelompok untuk mempresentasi-
kan jawabannya, dan kelompok lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø Guru menfasilitasi negosiasi (jika terjadi
perbedaan pendapat) dalam diskusi
kelas.
Ø Guru menambahkan materi yang belum
diungkapkan para peserta didik.
3. Penutup (± 30 menit)
Fase 5:
Evaluasi
Ø Guru meminta peserta didik untuk kembali
ketempat duduk masing-masing.
Ø Guru membagikan tes untuk dikerjakan peserta
didik secara individual.
Fase
6: Memberikan Penghargaan
Ø Guru memberikan penghargaan dengan pujian
kepada kelompok.
Ø Guru memberikan pujian bagi kelompok yang
berhasil dan memberi dorongan pada kelompok yang belum berhasil.
Ø Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan beriktnya.
R.
Penilaian :
Tes tertulis
(Soal terlampir)
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Biringbulu
Drs. ABDUL RASYID
NIP 19651231 199903 1 016
|
|
Lauwa, Januari 2012
Guru Mata Pelajaran
YUSUF
NIP
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar